EKA NURBULAN

Guru di SDN 10 Panai Hulu, Labuhanbatu, Sumatera Utara. Hobi menulis, membaca, dan menggambar. ...

Selengkapnya

KMD PESISIR PANTAI 2017

Labuhanbatu, (Sumut), Sebanyak 72 guru pesisir pantai dari berbagai gugus depan tingkat SD, SMP dan SMA Kecamatan Panai Hulu, Panai Tengah, dan Bilah Hilir di Kabupaten Labuhanbatu mengikuti kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) angkatan 3 tahun 2017 yang dipandu jajaran pelatih dan instruktur terlatih dari Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Labuhanbatu. Kegiatan ini dilaksanakan di Pelabuhan Laut Tanjung Sarang Elang Kecamatan Panai Hulu, Senin (25/09) hingga Sabtu (30/09).

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Bupati Labuhanbatu Hj. Siti Awal Siregar selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Labuhanbatu, Senin (25/09) pagi.

Pembukaan ditandai dengan pengalungan tanda peserta KMD kepada dua calon pembina Pramuka perwakilan peserta oleh Ka. Kwarcab Gerakan Pramuka Labuhanbatu dan penyerahan bendera pataka kursus yang diserahkan oleh Ketua Pusdiklatcab Labuhanbatu H.Wahromatan, S.Pd kepada ketua kursus Murjani Sitepu, S.Pd.

Hj. Siti Awal Siregar mengajak para calon Pembina Pramuka yang mengikuti kursus ini menjadi garda depan untuk membina para generasi muda menjauhi narkoba/anti narkoba, menciptakan generasi muda yang taat agama, berakhlak mulia, mandiri, disiplin dan berjiwa patriotisme.

Dia juga berharap agar para pelatih dari Pusdiklatcab supaya membekali para peserta KMD dengan ilmu pengetahuan kepramukaan yang maksimal agar para calon pembina dapat melaksanakannya di sekolah secara maksimal juga.

Ketua Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Labuhan batu melaporkan bahwa KMD ini bertujuan agar selesai pelatihan semua peserta dapat benar-benar melakukan pembinaan kepramukaan dengan sungguh-sungguh yang mengemban tugas pelaksana ekskul wajib kepramukaan di masing-masing gugus, karena ilmu yang diberikan tidak akan berkurang, tetapi makin bertambah.

Kedatangan Dandim 0209 Labuhanbatu Letkol Czi Denden Sumarlin, SE didampingin istri (Kamis, 28/09) dalam kegiatan KMD memberikan semangat baru bagi para peserta yang sempat terguyur hujan selama dua hari, sehingga tenda para peserta banjir. Kak Deden menegaskan bahwa prinsip dasar kepramukaan yaitu (1) Iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa, (2) Peduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup dan alam seisinya, (4) Peduli terhadap diri pribadinya, (4) Taat kepada kode kehormatan pramuka, merupakan pondasi dari berbagai kegiatan Pramuka yang patut dikembangkan dan dijiwai sepenuhnya oleh para calon pembina.

Salah satu peserta KMD Eka Nurbulan, S.Pd.SD meraih nilai tertinggi dalam postest, mengatakan bahwa mereka merasa gembira dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan KMD ini, dikarekan dapat mengasah ilmu kepramukaan dan memetik pengalaman dari penerapan yang diajarkan oleh pelatih dan instruktur terlatih Pusdiklatcab. Mereka berharap akan terpanggil lagi untuk mengikuti Kursus Mahir Lanjutan (KML) sehingga tidak terputus begitu saja kegiatan kepramukaan di daerah pesisir.

Kegiatan ini ditutup oleh Ketua Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Labuhanbatu, dengan pelepasan tanda peserta KMD perwakilan peserta oleh ketua Kwartir Ranting Panai hulu Muslih, SH,MM dan penyerahan bendera pataka kursus yang diserahkan oleh ketua kursus Murjani Sitepu, S.Pd. kepada Ketua Pusdiklatcab Labuhanbatu H.Wahromatan, S.Pd, Sabtu (30/09) siang.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

search