EKA NURBULAN

Guru di SDN 10 Panai Hulu, Labuhanbatu, Sumatera Utara. Hobi menulis, membaca, dan menggambar. ...

Selengkapnya
UP ...SIAPA TAKUT! (Latihan Soal-soal UP PGSD)

UP ...SIAPA TAKUT! (Latihan Soal-soal UP PGSD)

UP UKMPPG (uji pengetahuan uji kompetensi mahasiswa pendidikan profesi guru) adalah kegiatan tahap akhir yang harus dilalui mahasiswa PPG. ujian ini dilakukan secara online selama 3 jam. Karena banyaknya mahasiswa yang tidak lulus UP, maka sebelum mengikuti kegiatan tahap akhir ini, mahasiswa PPG harus mempersiapkan diri secara mental dan pengetahuan.

Sebenarnya mudah saja agar lulus UP. Pertama yakinkan dulu bahwa kita bisa dan mampu, bukankah kita sudah lolos di pretest, berarti seperempat pengetahuan sudah kita kuasai. Kemudian kita juga lulus daring, berarti seperempat pengetahuan sudah kita kuasai. kemudian dilanjutkan lokakarya selama dua bulan, berarti seperempat lagi sudah kita kuasai. Yang terakhir kita sudah laksanakan PPL , bahkan kita sudah menjadi guru, kemuadian lulus UKIN, berarti seperempat sudah kita kuasai. Nah 100 % total seluruhnya, jadi mengapa kita harus takut. PERCAYA DIRI yang utama. Tentu saja semua disertai doa dan usaha.

Pengalaman saya dengan banyak membaca modul dan banyak membaca soal-soal latihan dari internet atau share dari kawan-kawan. Setidaknya walaupun soal tidak sama, kita dapat mengetahui kira-kira mana jawaban yang benar ... hehehe ... dan Alhamdulillah, saya dapat lulus UP tahap I 2019.

Sekarang serius ah. Bagi mahasiswa PPG jurusan PGSD boleh baca-baca latihan soal di bawah ini yang saya dapat dari link di bawah ini:

https://bpiabad21.blogspot.com/2019/03/gudang-soal-latihan-up-ppg-pgsd-2019.html

semoga bermanfaat.

1. Hasil kajian sebuah lembaga asing mengatakan bahwa Indonesi adalah Negara dengan tingkat korupsi tertinggi di Asia. Berita itu menyakitkan kita. Indonesia yang dikenal sebagai bangsa yang santun dan agamis, tercoreng tinta hitam. Kita semua tahu bahwa korupsi itu memang ada, bahkan dapat dikatakan sudah membudaya. Namun jika hal itu disampaikan orang asing, apalagi disebarkan dengan menyandang predikat seperti itu, hati ini rasanya sedih dan sakit sekali…”

Berdasarkan isi pada paragraph di atas, maka paragraph tersebut tergolong wacana

a. Persuasi

b. Deskripsi

c. Eksposisi

d. Argumentasi

2. Bu Amin adalah guru kelas V SD. Ketika Bu Amin membelajarkan menulis puisi, Bu Amin memberikan contoh puisi deksriptif. Kemudian siswa dibimbing untuk menganalisis hal – hal yang ditulis dalam puisi tersebut serta cara menuliskannya. Berdasarkan hasil analisis tersebut, siswa diminta untuk menulis puisi berdasarkan gambar yang ditunjukan oleh guru yaitu gambar bunga, taman, pegunungan, dan pesawat atau kapal terbang. Siswa diminta untuk memilih, dan memberikan arahan tentang cara – cara menulis deskriptif. Berikut ini adalah cara – cara menulis deskritif, kecuali

a. Mencermati objek (gambar) yang akan dideskripsikan dengan panca indera dan perasaan.

b. Menggunakan ejaan yang tepat.

c. Data atau kata – katanya disusun ke bawah.

d. Mencermati kata – kata yang dapat diganti dengan kata – kata yang memiliki intensitas makna yang lebih kuat dan lebih imajinatif.

3. Hal – hal berikut harus dilakukan dalam prapenulisan, kecuali

a. Pengumpulan bahan

b. Penentuan judul

c. Penyusunan kerangka karangan

d. Pemilihan topic

4. 133,256,379,4912,5115,61318,71521, 81724, 91927,…. Bilangan selanjutnya adalah …..

a. 102130

b. 101230

c. 103210

d. 102310

e. 103120

5. Banyaknya bilangan kelipatan 5 antara 100 dan 200 yang jumlahnya dua digit pertamanya bilangan prima adalah…..

a. 6

b. 7

c. 8

d. 9

e. 10

6. Dalam kurikulum 2013 pembelajaran bahasa indonesia berperan sebagai penghela, hal ini mengandung arti…..

a. Pembelajaran Bahasa Indonesia memgang peranan

b. Pembelajaran bahasa Indonesia berperan sebagai pengait berbagai muatan pelajaran lain

c. Pembelajaran Bahasa Indonesia bersifat terpadu

d. Pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki peranan strategis dalam memahami konsep mata pelajaran lain

e. Pembelajaran Bahasa Indonesia berperan dalam pengembangan sikap dan karakter siswa

7. Persamaan kuadrat yang akar-akarnya tiga kali dari akar persamaan 4x2-1= 0 adalah ……

a. x2-3x+1= 0

b. 3x2+3x-2= 0

c. x2-3x+9= 0

d. 4x2-9= 0

e. x2-9x= 0

8. Lulu dan Ika akan melakukan percobaan. Bahan dan alat yang disediakan adalah: batang yang terbuat dari plastic, kayu, tembaga, dan besi dengan panjang dan besar yang sama yang setiap ujungnya diolesi mentega, gelas berisi air panas. Variable bebas percobaan Lulu dan Ika adalah…

a. Jenis batang

b. Mentega

c. Besar kecilnya batang

d. Air panas

e. Suhu air

9. Banyak bilangan anatara 100 dan 200 yang dua digit terakhirnya masing-masing merupakan bilangan prima adalah … bilangan

a. 15

b. 16

c. 17

d. 18

10. Banyak bilangan anatara 100 dan 200 yang dua digit terakhirnya masing-masing merupakan bilangan prima adalah … bilangan

a. 15

b. 16

c. 17

d. 18

e. 19

11. Seorang guru mendapati beberapa siswa yang belum selesai mengumpulkan tugas pada tenggang waktu yang telah diberikan dikarenakan banyaknya tugas yang menumpuk dari mata pelajaran lain, jika seandainya Anda sebagai guru, apa yang anda lakukan?

a. Memberikan fasilitas untuk berdiskusi dan mengajarkan pada siswa bagaimana cara mengatur waktu dengan baik serta bertanggung jawab pada tugas yang diberikan.

b. Mendorong siswa untuk segera menyelesaikan tugas secara maksimal, dengan menyampaikan perkembangan siswa yang sudah dan belum mengumpulkan.

c. Memberikan toleransi tambahan waktu agar siswa yang belum mengumpulkan tugas dapat menyelesaikan tugasnya.

d. Menunjukkan dokumen hasil ulangn, serta memberi kesempatan wali murid untuk mendiskusikannya, sehingga diperoleh pengertian mengapa nilai anaknya tidak sesuai dengan yang diperkirakannya.

e. Menjawab protes wali murid dengan menyatakan bahwa berapa pun hasil nilai itu merupakan hak dan kewanangan guru

12. Indonesia adalah negara demokrasi yang konstitusinal, karena itu kekuasaan negara tertinggi ada di tangan rakyat dan dijalankan...

a. Sepenuhnya oleh MPR

b. Menurut Hukum

c. Sepenuhnya oleh badan-badan perwakilan rakyat

d. Menurut Undang-Undang Dasar

13. Bahasa baku memperbedakan bahasa itu dengan bahasa yang lain. Dengan demikian bahasa Indonesia sebagai bahasa baku dapat memperkuat kepribadian nasional masyarakat Indonesia. Pernyataan ini mengandung arti bahasa memiliki fungsi sebgai …

a. Pemersatu

b. Pemberi Khas

c. Penambah Kewibawaan

d. Kerangka Acuan

e. Bahasa Negara

14. Bahasa disebut bersifat sistematis karena……

a. Bahasa sebagai alat berkomunikasi

b. Mudah dipahami

c. Kompleks

d. Mengandung makna

e. Memiliki pola dan kaidah

15. Seorang siswa kedapatan membawa handphone ke sekolah. padahal sekolah sebenarnya sudah memberikan tulisan peringatan serta aturan untuk tidak membawa handphone ke sekolah. sebagai guru, yang berkewajiban memberikan pendidikan, bagaimana anda menanggapi permasalahan tersebut?

a. Memanggil siswa dan menasehatinya agar dia tidak membawa handphone ketika di lingkungan sekolah karena akan mengganggu konsentrasi belajarnya.

b. Apabila mengetahui siswa yang membawa handphone, segera menyampaikan hal ini pada wali kelas serta guru Bimbingan dan Konseling untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

c. Saya akan lebih aktif dalam mencegah agar siswa tidak membawa handphone ketika di sekolah dengan cara melakukan pemeriksaan sebelum bel masuk kelas dan menyita handphone untuk sementara waktu.

d. Saya menemui siswa yang membawa handphone saat di sekolah maupun di kelas, serta memberikan teguran langsung dengan harapan tidak mengulangi pelanggaran tersebut.

e. Merampas handphone dan memanggil orang tua siswa tersebut agar ikut mengingatkan anaknya jangan sampai membawa handphone ke sekolah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

search